top of page

Merdeka Belajar dengan Portal Rumah Belajar

Jika kita flashback waktu, rasanya ilmu pengetahuan sangat sulit didapat dan tergantung dengan guru dan juga tempat. Anak-anak butuh guru dan juga harus pergi ke sekolah untuk dapat menerima ilmu pegetahuan. Sumber-sumber belajar pun masih sangat terbatas, bahkan harus membeli buku jika ingin mendapatkan ilmu. Informasipun hanya terbatas di media cetak dan media televisi juga radio. Namun seiring berkembangnya waktu, teknologi semakin canggih dan tentunya semakin mempermudah dalam berbagai hal, mulai dari alat komunikasi, Pendidikan , dan lainnya.

Dengan berkembangnya teknologi yang begitu pesat, tentunya membuat banyak platform yang dikembangkan, seperti social media, e-learning, e-class, dan lain sebagainya. Pada hari ini, siswa/I tidak ada alasan lagi untuk tidak dapat belajar dan mendapat informasi yang terbaru, dengan adanya social media saja sudah sangat membantu, dengan banyaknya pengguna yang membagikan informasi-informasi terbaru. Namun tentunya informasi yang didapatkan dari social media harus di cermati dan dipastikan kebenarannya.

Pusdatin kemdikbud membuat suatu inovasi pembelajaran dengan menghadirkan platform Rumah Belajar yang dikemas dengan sangat bagus dan menarik. Portal Rumah Belajar ini memberikan fitur-fitur utama yang dapat membantu dalam proses siswa/I belajar, yaitu Sumber Belajar, Kelas Maya, Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Kahadiran Portal Rumah Belajar bisa diartikan memerdekakan masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa dalam belajar. Mengapa Merdeka? Iya, merdeka belajar tanpa adanya Batasan ruang dan waktu, kita bisa belajar kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja.

Portal Rumah Belajar dengan fitur yang diberikan , misalnya Sumber Belajar yang berisi konten-konten media pembelajaran yang dikemas sangat menarik dengan video dan visual yang menarik, tentunya semakin membuat oembelajaran tidak terasa monoton dan lebih dinamis, dinamis dalam artian materi dapat diulang-ulang dan mengikuti kurikulum yang berlaku. Selain itu ada juga fitur Kelas Maya yang membantu para pendidik untuk dapat menjangkau lebih banyak peserta didik, bisa dikatakan dengan kelas maya peserta didik bisa berasal dari seluruh belahan dunia. Fitur kelas maya pada portal rumah belajar di kembangkan dengan konsep yang mengikuti sebagaimana kelas offline pada umumnya, disana ada absen peserta, modul peserta, modul untuk diskusi, ujian kelas, sampai ke raport penilaian hasil belajar siswa. Kelas mayapun bisa dikatan sebagai sekolah virtual, karena struktur pengurus yang dibentuk komplek layaknya suatu instansi Pendidikan, ada kepala sekolah (super admin), guru, dan juga admin itu sendiri. Dimasa pandemic covid 19 sekrang ini, pastinya portal rumah belajar merupakan salah satu solusi yang terbaik dalam pemberian materi pelajaran kepada siswa/I.


Gambar: Sumber Belajar


Kemudian fitur selanjutnya dalah Laboratorium Maya, nah fitur ini juga semakin mempermudah kepada guru yang mempunyai keterbatasan alat dalam melaksanakan praktikum. Laboratorium maya dikembangkan dengan animasi yang sangat menarik dan disesuaikan dengan kurikulum dan tentunya sesuai denga napa yang dilakukan pada praktikum di dunia nyata. Dengan laboratorium maya ini, peserta didik juga dapat mengulang dan mendalami materi praktikum kapanpun dan dimanapun. Kemudian fitur utama yang terakhir yaitu Bank Soal yang tentunya berisikan contoh-contoh soal yang dapat di manfaatkan oleh siswa-siswi dalam menguji pendalaman materi yang telah dipelajari.


Semua fitur utama tadi bersifat gratis, dan pengguna Portal Rumah Belajar tidak hanya terbatas sebagai pengguna, tapi juga bisa berperan sebagai contributor. Selain itu terdapat juga fitur tambahan Portal Rumah Belajar seperti Buku Sekolah Elektonik, Karya Bahasa dan sastra, Peta Budaya, wahana jelajah angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Edu Game dan Blog Pena. Semua fitur tambahan yang disediakan oleh portal belajar mempunyai fungsi dan konten yang tentunya sangat menarik. Salah satu fitur tambahan yang sangat menarik bagi saya adalah Blog Pena, mengapa menarik, karena di blog pena ini kita diberikan wadah untuk menulis baik itu artikel, opini, ataupun tulisan lainnya dan tentunya dapat di baca oleh seluruh pengguna. Tampilan blog pena juga user friendly dan dinamis yang membuat pengguna tidak bingung dalam pengoperasiannya.


Gambar : Blog Pena

Untuk siswa yang ingin belajar sambal bermain, tentunya portal Rumah belajar juga menyediakan fitur yaitu Edu Game, yang sangat menarik dan dapat menambah semangat siswa/I dalam belajar. Edu game ini mungkin bisa dimanfaatkan gur sebagai selingan/hiburan kepada siswa/I jika adakalanya jenuh dengan metode belajar yang begitu-begitu saja.

Nah, bagaimana sahabat rumah belajar, sangat menarik bukan portal rumah belajar. ayo kita manfaat portal rumah belajar dalam kegiatan belajar-mengajar. Dengan Portal Rumah Belajar ayo kita tingkatkan semangat belajar, terus mengembangkan diri menuju Indonesia maju dengan generasi yang berkualitas dan merdeka belajar.

Rumah Belajar : “ Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, dan Dengan Siapa Saja”

Website Portal Rumah Belajar : http://belajar.kemdikbud.go.id

11 tampilan0 komentar
Post: Blog2_Post
bottom of page