top of page

Kuliah Umum Pembatik Level 4 Kiat Sukses Berkomunikasi bagi GuruOleh : Charles Bonar Sirait


“ Menjalani Profesi dalam korporasi membutuhkan kombinasi antara pengetahuan, talenta dan kemampuan menjalin komunikasi dengan banyak pihak” – Charles Bonar Sirait.

Menjadi seorang guru/pendidik merupakan suatu pekerjaan yang sangat dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik, dengan kita mampu berkomunikasi, pesan yang kita sampaikan bisa diterima oleh murid/audience. Dan tentunya sebagai seorang guru juga tidak hanya mampu berkomunikasi didepan siswa/I tetapi juga kita akan lebih baik jika mampu berkomunikasi di depan publik. Dengan begitu kita akan lebih banyak mendapatkan audience dan akan menambah jejaring serta relasi.

Pada tulisan kali ini, saya akan membagi apa yang sudah saya dapatkan pada Kuliah umum Level 4 PembaTIK tahun 2020 yaitu Kiat Sukses Berkomunikasi Bagi Seorang Guru.

Di zaman yang semankin maju saat ini dengan berkembangnaya teknologi informasi, banyak sekali media-media komunikasi yang bisa kita gunakan, seperti Facebook, Youtube, Instagram, twitter dan masih banyak lagi. Dan tentunya setiap platform tersebut mempunyai kelebihan dan keunikannya masing-masing. Dengan begitu mempermudah kita dalam menjangkau semakin banyak audience tanpa harus terkendala dengan tempat dan waktu.

Sebagai seorang guru, tentunya harus semakin kreatif dan meningkatkan cara komunikasi agar peserta didik kita bisa menyerap materi yang di ajarkan. Bahkan dizaman sekarang ini, siswa/I tidak hanya memiliki guru yang ada di sekolah, bahkan mereka telah mempunyai guru-guru yang lain seperti Yaoutube, Instagram dan akun sosial media lainnya, terutama dengan adanya postingan yang terending, mereka sangat teratrik dengan hal seperti itu, sehingga melihat kondisi ini seorang guru haris bisa menciptakan suasana komunikasi yang baik untuk menarik perhatian siswa/i.

Berikut beberapa point dalam komunikasi:

1. Memahami pola komunikasi Sederhana

“memimpin pada dasarnya adalah perkara mempengaruhi dan meyakinkan orang lain “ – Kate Ludeman, Ph.D & Eddie Erlandson, M.D

Seperti kutipan Kate Ludeman, Ph.D & Eddie Erlandson, M.D, bahwa kita sebagai seorang komunikan harus bisa memposisikan diri kita adalah seorang pemimpin, dalam artian bahwa kita harus mampu mempengaruhi audience kita atau menarik perhatian audience kita.

Sebagai seorang guru kita harus mampu berkomunikasi dengan baik, terutama dalam komunikasi yang persuasive/mengajak, ini tentunya perlu dilatih dan biasakan.

Sebagai seorang guru kita harus bisa menjaga agar orang audience/siswa/I untuk bisa mendengarkan kita jangan sampai kita tidak lagi dengarkan, makanya perlu menjaga pola komunikasi kita seperti kata jack Canfield, penerbit “The Sukses Principle” mengatakan if you don’t believe in the messenger (leader), you don’t believe the message.

Kemudian ada beberapa hal lain yang harus dimiliki oleh seorang Pendidik :

1. Pendidik adalah pusat perhatian public.

Dengan begitu kita juga perlu memperhatikan dari segi estetika kita, mulai dari pakaian, penampilan, karena kita adalah pusat perhatian, jadi apapun yang kita lakukan terkadang akan cepat di komentari oleh audience kita.

2. Pendidik haru mampu menarik perhatian public

3. Pendidik harus mampu membuat public/audience terjaga

Ini juga sangat penting, kita harus bisa menkondisikan audience, jangan sampai mereka melakukan aktifitas yang lain. Contohnya dimasa pendemi ini dengan pembelajaran jarak jauh, sebisa mungkin seluruh peserta didik untuk membuka kamera mereka , sehingga kita bisa mengetahui apakah mereka mengdengarkan atau tidak.

2. Impacfull Communication

Maksdunya adalah bahwa, komunikasi kita harus bisa dirasakan oleh audience, sehingga apa yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik. Suasana yang dinamis juga harus bisa diciptakan, agar komunikasi kita tidak monoton dan audience pun tidak bosan mendengarkan kita. Ada 5 kata kunci yaitu : Effecting, Emotional, Moving, Impressive, dan Touching

3. Persuasive Communication

4. Personal branding

Sebagai seorang pendidik kita juga harus mampu membangun personal branding kita, misalnya mempunyai keunikan tersendiri sehingga kita mudah diingat oleh audience kita dan tentunya Ketika Ketika berbicara mereka lebih antusias.

Itulah beberapa kiat sukses berkomunikasi yang saya dapatkan dari kulaih umum PembaTIK level 4 yang saya ikuti. Terima Kasih. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk tetap semangat.

Ayo kita manfaatkan Portal Rumah belajar kendikbuh di : https://belajar.kemdikbud.go.id/

Postingan Terakhir

Lihat Semua
Post: Blog2_Post
bottom of page